Tuesday, September 6, 2016

Cara mencerminkan suatu object dengan MIRROR


Saya pernah diberikan suatu pekerjaan oleh atasan saya untuk mengerjakan sebuah gambar kerja,  dengan waktu yang sangat singkat berkisar 6 jam  saja. Sebenarnya pekerjaan itu tidak terlalu sulit buat orang orang yang sudah banyak ngerti fungsi fungsi pada autocad tersebut. Maklum sobat pada saat itu saya juga baru pemula alias newbie bekerja di tempat itu.

Sebenarnya pekerjaan itu mudah dilakukan kalau kita mengguasai banyak fungsi fungsi di autocad, tinggal menggandakannya  saja sobat, atau dengan cara mencerminkan (Mirror) suatu object, tetapi karena saya pada saat itu hanya baru menggetahui sedekit tentang program autocad, alias Newbei dibidang drafter, saya sempat kebinggungan bagaimana cara mencerminkan object tersebut. Untung sobat ada yang berbaik hati kepada saya di waktu itu, kalau tidak apa jadi;nya saya saat itu mungkin saya sudah dikeluarkan


Jika sobat tidak mau mengalami hal yang saya alami ini, seharusnya sobat banyak belajar dan terus mencari referensi sebanyak banyaknya jika sobat berniat untuk menjadi seorang drafter. Okelah sobat saya mau memberikan sedikit apa yang saya ngerti kepada sobat yang masih newbie ya…bila anda sudah ngerti silahkan tutup saja artikel ini.

Contohnya seperti ini sobat saya mempunyai sebuah gambar segitiga, yang ingin saya cerminkan menjadi dua buah segitiga, yang terlihat seperti tampilan gambar dibawah ini.


Baiklah untuk menyingkat waktu maka saya akan memberikan contoh mencerminkan suatu object digambar autocad
Yang pasti sobat sudah menyiapkan object yang mau sobat cerminkan.

Ketik pada command : Mirror

(atau klik icon mirror bertanda dua segitiga)

Select object : klik gambar yang mau sobat cerminkan.

Klik kanan mouse anda atau tekan enter

Klik kiri

Klik kiri lagi

Delete saurce objects [Yes/No]: ketik No (ini berarti sobat tidak menghapus object dasar)
Maka objek gambar sobat sekarang sudah menjadi dua dengan cara mencerminkan object tersebut


Sebenarnya tutorial ini belum selesai sampai di sini, masih ada penjelasan selanjutnya. Baiklah saya lanjutkan penjelasan pada tutorial ini, jika sobat menuliskan judul pada gambar itu dengan text maka sobat tentu masih melihat pencerminannya terutama text tampilannya masih terbalik. Maka sobat masih harus merubah atau setting dulu textnya.
Dengan cara masuk kembali ke command.
Yang terlihat text yang masih terbalik seperti pada tampilan gambar dibawah ini.


Agar text yang masih terlihat terbalik tersebut maka sobat terlebih dahulu setting text dengan cara seperti ini:

Command : ketik mirrtext
Selanjutnya ketik : 0 (angka nol)

Demikian dulu sobat artikel ini semoga ada manfaatnya bagi kita semua, jika artikel ini bermanfaat bagi sobat tolong di share kepada teman teman yang membutuhkannya yaa.. !!!!
Wassalam penulis by arul

No comments: